Berkas Yang Harus Disiapkan Pas Daftar CPNS 2014

Posted Sabtu, 01 Februari 2014 by Gudang Cerita
Tes CPNS 2014 ga lama lagi. Belum ada info resminya sih. Cuma, dari komentar pejabat yang ada di media, pendaftaran tes CPNS 2014 bakal dibuka bulan Maret. Nah, biar pas pendaftaran ga riweuh lagi gara-gara berkas-berkas administrasi, saya bagi pengalaman pas saya daftar CPNS tahun kemaren. Biar bisa disiapin awal-awal. Cek ya.

  1. Ijazah, transkrip nilai dan akta (bagi guru) asli dan fotokopian yang udah dilegalisir. Saran saya, siapkan semua berkas yang perlu dilegalisir ini agak banyak. Mendingan lebih daripada kurang. Habisin waktu buat bolak-balik ngurus legalisir doang.
  2. Kartu Kuning Asli dan fotokopian yang sudah dilegalisir. Buatnya di kantor Dinas Sosial. Bisa buat langsung atau online. Pastikan data-data benar. Pastikan juga udah dicap sama petugas.
  3. KTP asli dan Poto kopi yang udah dilegalisir di kantor Catatan Sipil.
  4. Pas Poto. Biasanya diminta yang berwarna ukuran 3x4. Tulis nama dan formasi yang dipilih di belakang poto-poto yang akan diserahkan.
  5. Surat lamaran. Contoh format surat ini biasanya dilampirkan di bundelan pengumuman resmi. Setiap kabupaten beda. Ada yang mesti ditulis tegak bersambung, ada yang tulisan biasa aja cukup. Harus rapi. Jangan ada coretan. Ga boleh pakai correction pen. Nulis mesti pakai pen tinta warna hitam. Ingat, pen tinta bukan pen biasa.
  6. Surat pernyataan bermaterai. Contoh format suratnya juga dilampirkan di pengumuman resmi. Ingat, tanda tangan harus kena materai.
  7. Materai Rp. 6.000,-
  8. Ada juga beberapa kabupaten yang mensyaratkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian, Surat Bebas Narkoba dan Surat Keterangan Sehat pas pendaftaran tapi ada juga yang ga. Biar ga buang duit karena belum tentu dipakai, tiga surat ini bisa dibuat setelah ada pengumuman resmi. Pastikan juga data-data benar.
 
Ga banyak kan berkas-berkas yang diperlukan? Memang. Tapi kita bisa saja bolak-balik ngurusin ini pas pendaftaran karena ga teliti. Ini kalo cuma bolak-balik masih mending. Kalo ga lulus administrasi karena berkas lamaran yang ga lengkap atau ada yang salah kan rugi pake bingit. hehe. Therefore, sebelum daftar, periksa dulu. Minta tolong sodara atau teman yang teliti banget untuk periksa juga. Selamat berjuang, then, temans.

0 komentar:

Posting Komentar